KEGIATAN BIMTEK NASIONAL KABUPATEN MANOKWARI

KEGIATAN BIMTEK NASIONAL KABUPATEN MANOKWARI

LENSA DIKLAT NASIONAL – KEGIATAN BIMTEK NASIONAL KABUPATEN MANOKWARI

Jadwal Bimtek, Kegiatan Bimtek Pertanahan Aparatur Pemerintah Kabupaten Manokwari Provinsi Papua, Berikut Kami Informasikan Kegiatan yang telah LEDIKNAS selenggarakan, sbb

KEGIATAN BIMTEK NASIONAL KABUPATEN MANOKWARI

Foto Bimtek Lediknas

Hukum Indonesia – Peraturan Penyelesaian Kasus Pertanahan

Kasus Pertanahan

Kasus Pertanahan adalah perselisihan pertanahan antara orang perseorangan, badan hukum, atau lembaga yang tidak berdampak luas (“Sengketa”), perselisihan pertanahan antara orang perseorangan, kelompok, golongan, organisasi, badan hukum, atau lembaga yang mempunyai kecenderungan atau sudah berdampak luas (“Konflik”), atau perselisihan pertanahan yang penanganan dan penyelesaiannya melalui lembaga peradilan (“Perkara Pertanahan”) untuk mendapatkan penanganan penyelesaian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan/atau kebijakan pertanahan.

Penyelesaian Sengketa, Konflik, dan Perkara Pertanahan

Permen No.11/2016 membagi ruang lingkup penyelesaian menjadi 2 bagian, yaitu:

  • Penyelesaian Sengketa dan Konflik; dan
  • Penyelesaian/penanganan Perkara Pertanahan

Penyelesaian Sengketa, Konflik, dan Perkara Pertanahan

Permen No.11/2016 membagi ruang lingkup penyelesaian menjadi 2 bagian, yaitu:

  1. Penyelesaian Sengketa dan Konflik; dan
  2. Penyelesaian/penanganan Perkara Pertanahan

Penyelesaian Sengketa dan Konflik

Penyelesaian Sengketa dan Konflik dilakukan berdasarkan:

  1. Inisiatif Dari Kementerian

Kementerian, melalui Kepala Kantor Pertanahan (“Kakantah”), Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (“Kakanwil BPN”), atau Direktorat Jenderal (“Ditjen”), melaksanakan pemantauan untuk mengetahui Sengketa dan Konflik yang terjadi dalam suatu wilayah tertentu terhadap pengaduan atau pemberitaan pada surat kabar. Selanjutnya, Kakantah melaporkan hasil pemantauan kepada Kakanwil BPN setiap 4 (empat) bulan sekali dan ditembuskan kepada Menteri. Apabila hasil pemantauan perlu ditindaklanjuti, Menteri atau Kakanwil BPN memerintahkan Kakantah untuk melakukan kegiatan penyelesaian Sengketa dan Konflik.

  1. Pengaduan Dari Masyarakat

Pengaduan disampaikan kepada Kakantah secara tertulis melalui loket pengaduan, kotak surat atau website Kementerian. Apabila pengaduan disampaikan kepada Kakanwil BPN dan/atau Kementerian, selanjutnya berkas pengaduan diteruskan kepada Kakantah.

13 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini